Penyebab dan Obat Nyeri Ulu Hati

No Comments
Gangguan pencernaan yang sering dikeluhkan oleh kebanyakan orang, salah satunya adalah nyeri ulu hati. Keluhan ini sering dikaitkan dengan sakit maag atau gangguan pada lambung, selain menimbulkan rasa sakit, kondisi ini biasanya disertai dengan mual dan rasa terbakar di perut bagian atas.

Penyebab dan Obat Nyeri Ulu Hati
Dalam bahasa medis ulu hati disebut dengan epigastrium adalah salah satu bagian dari sembilan pembagian lokasi perut. Ulu hati terletak di antara ujung tulang dada bagian bawah dan di bawah lengkung tulang iga. Setiap rasa sakit atau ketidaknyamanan pada daerah ini lebih lanjut disebut dengan nyeri ulu hati atau epigastric pain.

Rasa sakit di ulu hati atau disebut juga sakit perut bagian atas (tengah-kiri), tentu terkait dengan masalah pada organ-organ yang berada di dalamnya, meliputi , pankreas, duodenum dan bagian dari hati (ulu hati=kepala atau pangkal hati) juga bagian dari dinding perut yang terdiri dari otot, peritoneum dan fascia. Nyeri ulu hati bisa menjalar sampai ke punggung, atau menyebar ke daerah lain, setiap karakteristik gejala yang muncul bisa menunjukkan apa yang menjadi penyebab nyeri ulu hati.

Penyebab Nyeri Ulu Hati
Ada banyak hal yang bisa menyebabkan rasa sakit di ulu hati. Ada banyak gangguan dan penyakit dapat menyebabkan perasaan tidak nyaman pada daerah ini. Oleh karena itu, menjadi sulit untuk mendiagnosis dengan pasti, berikut kami sajikan semua kemungkinan penyebab nyeri ulu hati:

  1. Tukak Lambung 
  2. Sakit Maag (Gastritis)
  3. Penyakit Refluks Asam Lambung
  4. Heartburn
  5. Karsinoma Lambung
  6. Gastroenteritis
  7. Radang Pankreas
  8. Batu Empedu
  9. Penyakit Hati

Obat Nyeri Ulu Hati

Berikut ini adalah contoh obat nyeri ulu hati yang sering digunakan oleh dokter:

  • Obat non steroid anti-inflamasi (NSAID)
  • Penghalang Reseptor H2
  • Antasida Doen